Balai Inspirasi

Cari Inspirasi

Kamis, 19 Januari 2012

JATUHNYA PENDIDIKAN ISLAM KE BARAT

Jatuhnya nizamul mulk salah satu faktornya yakni hampir semua sekolah tinggi dikuasai oleh para pemimpin yang kaya pula dan didukung oleh para pemimpin dari berbagai bidang agama dalam Islam. Serta banyaknya sekolah yang tidak bertoleransi kepada system yang modern.


Adanya persaingan di antara sekolah-sekolah milik golongan, terutama antara kelompok-kelompok agama Syi’ah dan Sunni. Persaingan ini menunjukan semakin meningkatnya jumlah sekolah tinggi tersebut beserta fasilitasnya, sokongan dananya dansebagainya. Serta dapat menjadi kekuatan pendidikan yang sangat besar,kecuali karena keterbatasannya akibat sifat keagamaan saja.


Pada periode yang sama, universitas-universitas baru mulai berkembang di Eropa Barat, terutama di Italia, Jerman, Prancis dan Inggris. Tetapi tidak sebagaimana sekolah-sekolah Islam yang dimiliki oleh kelompok atau golongan dalam dunia Islam, universitas-universitas Barat melestarikan unsur-unsur intelektual terbaik yang pernah dikembangkan oleh riset dan ilmu pengetahuan Islam selama abad-abad kreatifnya.


Karya-karya Islam sampai di Eropa kira-kira pada periode yang sama ketika ilmu pengetahuan sekular sedang mengalami kemunduran dalam Islam. Karya-karya dari ratusan penerjemah tidak saja ditingkatkan, diciptakan dan diperluas oleh beberapa universitas Barat, tetapi juga melahirkan Renaisans Barat. Alasannya tentu saja adalah bahwa kebangkitan terhadap minat ilmu sekular dan riset di Barat ini,meskipun dibatasi oleh semangat keagamaan.


Oleh karena itu, pendidikan Islam direnggut oleh Barat. Sebab Bangsa Islam kita sendiri tidak menginginkan dan menjalankan pendidikan secara modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar