Balai Inspirasi

Cari Inspirasi

Kamis, 05 Januari 2012

CONTOH SKRIPSI


BAB  II
PERANAN MEDIA PENDIDIKAN
A.   Pengertian Media Pendidikan
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Secara harfiah media diartikan “perantara” atau “pengantar”. AECT ( Association for Educational Communication and Tecnologi ) mendefinisikan media yaitu sebagai bentuk yang digunakan untuk proses penyaluran informasi.
Banyak batasan yang diberikan orang tentang media. Salah satunya adalah media sebagai salah satu bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan dan informasi /pesan. Para ahli mengemukakan pendapatnya tentang media pendidikan , menurut Cagne ( 1970 ) menyatakan media  adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.[1]  Sementara Briggs (1970 ) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta dapat merangsang siswa untuk belajar . Buku , film, kaset, adalah contoh-contohnya[2].
Pendapat lain dikemukakan oleh Robert Hanick dan kawan-kawan (1986) mendefinisikan media adalah segala sesuatu yang membawa informasi antara sumber (source) dan penerima ( receiver ) informasi.hampir sama dengan pendapat di atas, menurut Kemp dan Dayton peran media dalam
BAB III
 PROFIL SEKOLAH
GAMBARAN UMUM YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM
AL WATHONIYAH AL HAMIDIYAH

A. Sejarah Berdirinya Madrasah Al Wathoniyah Al Hamidiyah
                              Yayasan pendidikan Islam Al Wathoniyah Al Hamidiyah adalah sebuah yayasan yang didirikan oleh K.H. Muhalie M.T beserta istri Ustz. Hj. Hamidah Ali, sekolah yang dibangun tahun 1970  ini berdiri di atas lahan seluas 1200meter   dengan luas bangunan 800 meter dan telah memiliki sekolah di dua tempat yaitu di jalan I Gusti ngurah Rai, Klender sebagai pusat sekolah dan di jalan Kerta Radjiman Widyo Diningrat Cakung, Jakarta timur sebagai cabang sekolah dan memiliki dua jenjang yaitu Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah yang terakreditasi B, dengan waktu balajar pukul 06.30 sampai pukul 14.30.
                              Sebagaimana halnya basikmadrasah tujuan didirikannya madrasah ini adalah untuk turut mengembangkan masyarakat dalam bidang intelektual bercirikan islam.
B. Visi dan Misi Sekolah
Visi       : Madrasah Al wathoniyah Al HAmidiyah berupaya mendidik   siswa/siswi menjadi cerdas inteletual dan spiritual, kkreatif serta disiplin.



[1]         Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (Jakarta, Pustekkom DIKNAS )
[2]        Arief S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007), hal 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar